Radio Gema Randik

Radio Gema Randik
BIDANG PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Minggu, 13 Agustus 2017

Serunya Bekarang di Tanah Abang

Batang Hari LekoWarga desa tanah Abang kecamatan Batang hari Leko Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melakukan tradisi adat berkarang, di Danau Siarak. Tradisi bekarang yakni mencari ikan dengan menggunakan alat tradisional tangkul (jaring).

"Tradisi bekarang sudah  dilakukan sejak lama secara turun temurun oleh masyarakat Muba dalam rangka memanfatkan sungau atau danau di lingkungan masyarakat", ungkap Wabub Muba Beni Hernedi yang juga ikut dalam kegiatan bekarang di danau Siarak kecamatan Batang Hari Leko (13/08/2017).

Seperti yang diungkapkan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, yang pada hari ini ikut Berkarang Bersama masyarakat tersebut, mengatakan bahwa tradisi berkarang sudah dilakukan sejak lama secara turun temurun oleh masyarakat Muba dalam rangka memanfaatkan sungai atau Danau di Lingkungan masyarakat setempat.
"Ini menunjukkan bahwa Sumber daya ikan di Kabupaten Muba cukup banyak dan tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat,"jelasnya.
Beni Hernedi juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan tradisi penangkapan ikan dengan cara alami, tanpa menggunakan alat atau bahan yang berbahaya dan tidak sesuai dengan kelestarian sungai, misalnya dengan cara penyetruman, ataupun dengan menggunakan bahan racun ikan.
"Kita harus lebih tegas bila perlu ada penegakan hukum bila masih ada yang menggunakan cara-cara penangkapan ikan yang tidak benar," tutupnya.




Post By : Firmansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog