Radio Gema Randik

Radio Gema Randik
BIDANG PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Selasa, 18 April 2017

BUM Desa Harus transparan, Efektif, Efisien dan Akuntabel Dalam Memperkuat Perekonomian Desa

Selasa, 10 April 2017

Sekayu - Pj Bupati Muba Diwakili Oleh Kepala Dinas PMD Drs. Habbirahman Buka Pelatihan Keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik DFesa ( BUM Desa) Se- Kabupaten Musi Banyuasin Di Hotel Pelangi Sekayu, Selasa, (18/04/2017).



Dalam Sambutannya Pj Bupati Muba yang Diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Muba Drs. Habbirahman mengatakan bahwa Dalam Peraturan Daerah Musi Banyuasin Nomor 1 Tahun 2017 Dan Keputusan Kepala Dinas PMD 011/PMD/2017, maka desa diberi kewenangan untuk mendirikan Bumdes. Hal ini juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Desa, Dengan Tema” melalui keterampilan BUM Desa Kita Tingkatkan Pengelola BUM desa yang transparan, Efektif, Efisien dan Akuntabel.



Dengan Tujuan untuk memberikan Bimbingan dan peningkatan pengetahuan, keterampilan dalam mengatur, mengelola serta mempertanggungjawabkan BUM Desa sehingga Kedepan BUM desa Dimuba Mampu Menjalankan Badan Usaha Milik Desa dengan transparan, Efektif, Efisien dan Akuntabel, mengerti dan mampu membuat laporan pelaksanaan BUM desa.



Selanjutnya, Program 4 Unggulan yaitu BUMDES, PemBUM, Prukades, Pembangunan Sarana dan Prasarana Olahraga yang Diusung Bersama - sama dari 9 Direktorat Jendralnya dan 9 Eselon I mendukung keseluruh Desa Termasuk Dikabupaten Muba "Saya Harapkan Mampu Bagaimana Mengembangkan Ekonomi Dimasing - masing Desa, Kedepan Diseluruh Indonesia Sekitar 74.910 ribu BUM desa ada Kantor BUM desa Selain kantor Kepala Desa Juga Nanti ada Kantor BUM desa juga" Ungkapnya


Bumdes merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produkif desa yang dilakukan secara transparan, Efektif, Efisien dan Akuntabel. Untuk itu, perlu upaya serius semua pihak terkait, agar pengelolaannya dapat berjalan secara mandiri. Pengelolaan Bumdes harus dilakukan dengan sistem manajemen yang baik. Para pengelolanya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen yang baik pula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog