Radio Gema Randik

Radio Gema Randik
BIDANG PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Minggu, 21 Februari 2016

Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar

Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus tau cara memilih barang yang bagus dan berkualitas. Begitu juga saat kita hendak membeli gitar, kita harus memilih gitar yang baik dan berkualitas. Sebagai seorang pemula pasti bingung menentukan pilihan untuk memilih gitar yang baik, jadi tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips berikut agar tidak menyesal nantinya.
Berikut Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar:
1Tentukan kisaran harga gitar yang mau anda beli.
Hal ini yang paling penting untuk diperhatikan. Karena dalam hal finansial tergantung dari kemampuan individu masing-masing. Jika anda mempunyai budget yang cukup anda dapat memilih merk gitar ternama dan otomatis anda mendapatkan kualitas gitar yang bagus. Tapi kalau budget anda minim pilihan gitar juga terbatas. Saran saya ya nabung dulu aja… 
2. Tentukan Bahan Gitar
Perhatikan jenis bahan kayu yang digunakan untuk gitar tersebut. Bahan kayu sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan saat anda memainkannya. Beberapa gitar biasanya memakai bahan kayu mahogany, spruce, rosewood, nato dan lain-lain, bahan kayu tersebut disebut jaga tonewood. Masing-masing kayu mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut gambar jenis kayu serta suara yang dihasilkan.
Jenis Kayu dan Karakter Suara
Kalo saya menyarankan untuk memilih gitar dengan bahan kayu rosewood dan spruce, karena gitar yang menggunakan bahan ini memiliki suara akustik yang baik dalam hal volume suara yang keras, natural dan jernih.
3. Tentukan senar gitar yang akan digunakan
Ada dua jenis senar yang digunakan untuk gitar akustik. yaitu senar nylon dan senar steel. Ini pilihan selera anda, jika anda suka bermain musik klasik pilihlah gitar dengan senar nylon. Tetapi jika anda suka memainkan musik dengan banyak melodi, musik rock atau blues sebaiknya memilih gitar dengan senar steel. Tapi untuk yang sedang belajar gitar jika memilih gitar dengan senar steel saat pertama pasti jari akan terasa sakit (tapi lama-lama juga biasa), tapi gitar dengan menggunakan senar ini neck gitar enak digenggam. Beda dengan gitar bersenar nylon, neck pada gitar ini biasanya lebih besar. So, terserah kalian mau pilih yang mana.
My Favourite Corner
4. Tentukan bentuk Gitar
Ada beberapa bentuk body gitar, menurut saya ini tergantung perawakan si pemakai. Namun patut pula dipertimbangkan bahwa ukuran body gitar juga akan sangat berpengaruh pada karakter suaranya.  Gitar berbody besar menghasilkan karakter suara akustik yang kuat di sektor bass atau biasa di sebut warmth, memiliki sustain yang lebih panjang. Sebaliknya gitar yang berbody kecil  karakternya cenderung bright atau lebih ke arah treble. 




Berikut gambar bentuk gitar:
Pilihlah bentuk body yang pas dan nyaman untuk anda.
5. Test Suara Gitar
Cek suara gitar disetiap nada ada yang fals atau tidak. anda bisa mengetes nada dengan memetik setiap nada yang ada di fret dan mencocokkanya dengan menggunakan tuner seperti gambar yang ada dibawah ini.

Perhatikan juga ketepatan nada pada fret mddle low-end. Pada pembuatan gitar yang kurang bagus intonasinya diatas fret 12 akan terdengar fals.

6. Cek Fisik Gitar
Periksalah setiap detail fisik dari gitar tersebut ada lecet atau tidak. Periksa juga Neck pada gitar masih lurus atau tidak. Neck gitar yang baik mempunyai truss rod yang diisi batang besi sehingga batang tidak cepat melengkung. Sebagai catatan tambahan pada saat membeli gitar jangan mudah tertipu dengan label merk-merk terkenal, karena saat ini banyak beredar dengan merek aspal. Perhatikan huruf dan bentuk tulisan logo merek gitar tersebut. Gitar asli import kelas High end seperti Taylor atau Martin, harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta Rupiah jadi mustahil jika ada gitar asli dengan merk tersebut yang harganya di bawah 1 jutaan. 
Jika budget pas-pasan, maka ketelitianlah yang memegang peranan penting, karena sebenarnya ada beberapa gitar buatan indonesia yang memiliki kualitas sangat bagus. Baik yang memakai merk sendiri seperti Secco atau Genta, maupun yang memakai lisensi merk luar seperti Cort dan Yamaha, de el el. Dengan ketelitian, Anda mungkin saja menemukan gitar dengan harga lumayan murah, namun dengan kualitas suara yang melampaui harganya!  Selamat berburu gitar..  
dari berbagai sumber, re-writted by Taufiq Hanif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar